Kamis, 20 Januari 2011

Pengalaman di Bidang Komputer

Ini adalah cuplikan Kisahku sebagai musafir bisa, mahasiswa atau gelandangan di jogja bisa... 

Setelah beberapa tahun saya, hijrah ke kota yogyakarta kurang lebih 7.5 tahun ini, saya berkeinginan untuk mendalami keterampilan saya di bidang komputer, dan memang selama saya kuliah tanpa biaya dari orang tua adalah dari hasil keterampilan saya di bidang komputer. Merakit pesanan, servis jalan, upgrading, tukar tambah, bahkan rongsokan dari komputerpun saya jadikan nafkah selama di Jogjakarta. yahhhh tidak dari itu saja sih. 

karna saya mencari nafkah sendiri di jogja, tahun pertama saya harus nganggur dulu tidak langsung kuliah, saya jaga Rental Komputer di DA Computer Surokarsan, disinilah saya banyak membangun relasi dengan teknisi Komputer, kemudian saya di kontrak LSM PUSHAM UII, dan Aktif di Lembaga Dakwah Al-Itqan mengampu privat Iqra' di 4 SD; Keputran IV; Prawirotaman: Impres Surokarsan: Keputran IX, selain saya ngajar saya melanjutkan kotrak ngajar temen (Arifin Kompang) di TK PWS. 

Di semester pertama saya mencoba magang kerja di PENEMO SCRAFT Center di Gejayan dan Malioboro. nampaknya, saya selalu mencoba membangun relasi dengan siapapun dan profesi apapun, sehingga selalu ada penawaran kerja,  yang selanjutnya saya di tawari kerja lembur di TOP Print Percetakan Buku yang kerjanya Malam, bahkan pernah juga saya kerja di Hotel deket terminal lama Umbulharjo, yang tidak usah saya sebut namanya... G' enak kedengarannya... namun saya banyak termenung dg lelahnya bekerja, pada orang. Akhirnya saya mencoba menawarkan Jasa jual belikan komputer, sama servis komputer pada temen-temen khususnya temen kampus... eh tahunya kerja santai, selalu ada yg minta diserviskan, di belikan atau mau menjual.. yaaah sekedar mencukupi biaya hidup dan kuliah dijogja Alhamdulillah... selain mencari nafkah saya menyempatkan diri untuk ikut dakwah, 5 tahun jadi sekretaris Badan koordinasi TKA-TPA Kota Jogjakarta, selain saya menjadi Pengurus masjid Nurul Huda surokarsan yang membawahi TPA, Remaja, Pengajian IBU-Ibu dan Tadarusan ba'da Magrib.

Kemudian pernah saya dapat pengadaan Komputer 10 unit untuk sekolah SD dikirim ke Sulawesi, kengadaan 10 unit lagi untuk SD Keputran IV Yogyakarta, dan 10 Unit untuk SD Kalipucang... yaps ku tekuni aja terus keterampilanku... yang tidak jarang juga saya sering diminta temen-temen untuk membelikan laptop, kalo dibidang laptop ku kerja sama dg orang yang bisa dibawa dulu barangnya dan kadang tiap bulannya ku bisa menjual 1-3 laptop. ya apesnya g' ada, ada servisan lumayan buat makan, hehe...

sekarang karna detik-detik selesainya kuliah, (berarti bentar lagi pulang dong!!! hehe) saya ingin sekali mendalami keterampilan saya di bidang teknisi hususnya di bidang laptop dan jaringan, ku curhat ma mas RONI temen saya yang memang teknisi spesialist di bidang laptop, memang sih dia dulu dari teknik elektro tukang servis tv ma monitor, pi sekarang dia dah ahli di bidang laptop. keren kan....

setelah kucurhat ma dia, dia bilang "ya dah kamu selesaikan dulu skripsimu, kamu nanti mau belajar apa saja ma saya sampe' kamu mahir, tidak hanya itu kamu juga bekerja pada saya" wuaaah hatiku seneng sekali dapat penawaran itu, setelah berminggu-minggu akhirnya ku juga di perkenankan tinggal dirumah ibunya itu, yang dibuat toko Namanya Jogjaparts.Com.


selama sebulan sudah ku disini, dari mulai belajar membongkar dan memasang kembali laptop-laptop servisannya, mulai kuhitung dalam hati, ku pernah ketemu dg masalah apa saja tentang kerusakan laptop yang ke kerjakan, tak jarang ku selalu bertanya pada Mas Roni, tentang kerusakan dan penangananya, laptop yang  saya kerjakan kerusakannya yg sering  hampir sama penanganannya sesuai dengan merek, beberapa kerusakan yang sering saya dapatkan waktu saya belajar selama di jogja part
    1. Kalo seri Compaq V3000 series compaq-compag dan acer asphire 4920 yang pake Amd biasanya ngeblang tidak tampil di layar penanganannya ternyata selain pada chipset VGA, chipsetnya harus ditambah dengan penekan yg bahannya dari besi.
    2. pada seri lain yang ngebleng bisa jg di cek di chipset tersebut.Kalau pada Acer 3683 dan sejenisnya dan hampir sejenis acer kerusakannya biasanya pada konsleting arus listrik sehingga tidak bisa ngecas batrei, dan laptop tidak mau nyala, di cas adaptor reaksinya down lampu indikatornya kelap kelip... penanganannya dgn merusak 2 kapasitor di bagian samping pendingin. solusi ini di pelajari selama 2 bulan ma pak Roni yang ngajari saya.
    3. Dan pada Seri Thosiba kerusakan yang biasa terjadi adalah kalo di cas ngehang, jadi posisi ngecas tidak bisa sambil nyalain... kerusakannya ada pada token, chipset yang ada di bawah prosesor... bahannya dari karet atau plastik, kalo mengganti tidak bisa pake blower atau solder hancur, bahannya aja dari plastik... ada alat tersendiri untuk membukanya. harganya 160 jutaan, "wau ... mahal kali ya..." bentuknya kayak laser balpen, tapi mas roni ada solusinya.... diganti 2 kapasitor aja, tapi ada sebagian thosiba yg harus memotong dudukannya.... pak roni hal ini belajar pada forum teknisi jerman, yah tentunya pake'; bahasa jerman lah...
    4. Menangani kerusakan pada tampilan layar pada laptop, kalo laptop nyala dg normal namun tidak tampil dilayar cek vga-nya, atau konvertenya, atau kabel fleksinya, tapi kebanyakan pada invertenya dan vhipset vga.
    5. Mendeteksi kerusakan LCD, biasanya kalo lcd yang kena tampilannya kelap-kelip atau garis-garis, namun jika mengganti masih seperti itu cek lagi kabel fleksinya, berarti kabel fleksinya kurang kenceng.
    6. Yang perlu di perhatikan ketika bongkar pasang jangan lupa untuk selalu menyambungkan kabel-kabel lcd, kipas prosesor, kabel mouse keybord, wifi, dll. lo kelupaan cuapek deh bongkar pasang lagi dong...memasang lcd hati2 ma obengnya ntar ketusuk ma lcdnya malah tombok, atu pinsetnya kalo sambil pegang pinset mending di taruh dulu...
    7. Menjebol Pasword bios, kadang user memberikan pasword pad bios akan tetapi lupa sandinya, sehingga kalo mau ngeset bios susah disaat di butuhkan istalasi ulang, cara clear bios... dimanakah jampernya kalo pada laptop, tentunya sesua dg merk browsing aja di mbah google. hehe
    8. dah sampai disini dulu... ku dah ngantuk nihhhh besok biar bisa bangun subuh lagi...

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    "Trimakasih Anda mau mampir ke blog kami
    & mau memberikan komentar atau sharing bersama kami"